Pages

GBI TANJUNGBALAI-KISARAN (KOTA KERANG-KOTA MAS)

java

Kamis, 03 November 2011

Khotbah Gembala GBI Kota Kerang-Kota Mas


HARI RAYA PENDAMAIAN

        Sepuluh hari sesudah peniupan sangkakala (Rosh Hasanah) bangsa Israel masuk kedalam hari raya  Pendamaian. Imamat 23:26-28
  Berbicara tentang hari raya Pendamaian merupakan hari raya yang spesial bagi bangsa Israel karena di mana seorang Imam Besar boleh menghadap Tuhan di Ruang Maha Kudus untuk mendamaikan dosa seluruh umat Israel dengan Tuhan.
Penderitaan manusia yang diakibatkan oleh dosa, dimana sebelum manusia hidup dalam kedamaian, tapi sejak manusia jatuh kedalam dosa, manusia tidak lagi berdamai dengan Tuhan dan sesamanya. Di hari raya Pendamaian inilah sorang Imam diberi kesempatan oleh Tuhan untuk membawa korban penghapusan dosa (domba jantan) ke hadapan Tuhan maka sepanjang satu tahun bangsa Israel akan diberkati Tuhan (Imamat 16:15-17).
Yeremia 31:34 dikatakan dimana dosa yang sudah diampuni oleh Tuhan dimana Tuhan tidak lagi mengingatnya. Di hari raya Pendamaian hal yang perlu kita renungkan adalah Pendamaian/Pemulihan antara manusia dengan Tuhan yang sudah rusak dan juga hubungan manusia dengan sesamanya. Demikian Firman Tuhan, sebab Aku akan mengampuni kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa mereka. Sebelum kita diperdamaikan dengan Tuhan maka kita adalah seterunya Tuhan (Roma 5:10) dan melalui darah yang tercurah di kayu salib kita harus sadar kalau kita sudah diperdamaikan dengan Tuhan dan sesame (Kel 1:20).
Orang yang belum berdamai dengan sesamanya artinya belum damai dengan Tuhan, kalau kita mengasihi Allah tapi membenci manusia maka kita dikatakan pendusta, dan yang menjadi masalah yang sering terjadi dalam hidup kita dimana kita seperti susah melupakan atau memaafkan orang yang berbuat salah kepada kita. Kalau Tuhan bisa melupakan kesalahan kita tapi kita tidak bisa melupakan kesalahan orang lain kepada kita (Yer 31:34).
Hal apa yang membuat kita sulit mengampuni orang yaitu pada saat kita dihianati (Amsal 18:19). Bagaimana cara kita mengampuni ketika kita dihianati? Ada beberapa hal yang perlu kita ingat yaitu:
  1. Ibrani 10:30, mengingatkan kita dimana Tuhan berkata “Pembalasan adalah hakKu,Akulah yang menuntut pembalasan”. Apapun kesalahan sesame kita terhadap kita, Tuhan mengingatkan kita untuk tidak membalasnya karena Pembalasan adalah bagian Tuhan.
  2. Mat 6:15, dalam hal ini kita harus mengampuni orang supaya Bapa di surga juga mengampuni kita. Jikalau seorang berkata “Aku mengasihi Allah tetapi ua membenci saudaranya maka ia adalah seorang pendusta, karena barang siapa tidak mengasihi saudaranya yang dilihatnya tidak mungkin dapat mengasihi Allah yang tidak kelihatan (1 Yoh 4:20).
  3. Yoh 20:23, ayat ini berkata jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosany diampuni dan jikalau kamu mengatakan dosa orang itu tetap ada, dosanya tetap ada. Ayat ini mengingatkan kita bahwa prinsip sebuah pengampunan pada siapa kita berbuat salah kita harus datangi dan meminta pengampunan supaya dosa kita juga diampuni oleh Bapa. Kesalahan pada saat kita telah berdamai dengan sesame kita artinya kita juga sudah berdamai dengan Tuhan dan kita sudah menerima berkat-berkat dari Tuhan.

<<<<<<<<< TUHAN YESUS MEMBERKATI >>>>>>>>>

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Blogroll